PAJAK MENURUT ISLAM
Sektor
perpajakan dalam setiap tahunnya menjadi penopang terselenggaranya perekonomian
di negara kita mulai dari pajak bumi dan bangunan ,pajak penghasilan ,pajak
pemanfaatan fasilitas umum ,pajak barang-barang mewah ,dan bahkan tempat-tempat
maksiat resmi ,seperti lokalisasi ,diskotik maupun bar juga terkena beban pajak
,namun yg ironis dari peraturan perpajakan adalah disamaratakannya ,semua
lapisan masyarakat dlm jenis pajak tertentu .
Pertanyaan :
a.bagaimana
kejelasan hukum dari pajak-pajak di atas ? apakah betul hal tersebut merupakan
tarikan liar yang dibungkus dengan kedok undang-undang ?
Jawaban :
Jawaban :
Perpajakan hukumnya boleh dengan memenuhi beberapa
ketentuan :
1) pajak di
ambilkan dari orang non muslim.
2)
atau di ambilkan dari orang muslim namun dengan syarat
:
a)
benar-benar digunakan untuk kemaslahatan umum atau
maslahah ammah ,dan tidak membebani dengan berat.
b)
negara sangat membutuhkannya sementara dana dari
kas negara atau baitul mal tidak mencukupi .
c)
pajak dipungut dari orang-orang kaya (orang yg
mempunyai harta yang lebih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu
tahun ) dan jika syarat di atas tidak terpenuhi maka hukum pungutan pajak tidak
boleh ,kecuali diberikan dengan kerelaan hati.
pungutan pajak tidak diambilkan dari tempat-tempat maksiat
REFERENSI :
Qurratul ain bifatawi ulama' al haramain hal 212 hasyiyah as syarwani juz 3 hal 72 al fiqh al islamy wa adilltuhu juz 6 hal 700 al islam juz 3 hal 495 fiqh az zakah juz 2 hal 1081 faydhul qodir juz 5 hal 375 bughyatul musytarsidin hal 158qurrat al ain bi fatawi ismail zain hal 200tuhfatul muhtaj juz 1 hal 132tafsir marah labid juz 2 hal 153
REFERENSI :
Qurratul ain bifatawi ulama' al haramain hal 212 hasyiyah as syarwani juz 3 hal 72 al fiqh al islamy wa adilltuhu juz 6 hal 700 al islam juz 3 hal 495 fiqh az zakah juz 2 hal 1081 faydhul qodir juz 5 hal 375 bughyatul musytarsidin hal 158qurrat al ain bi fatawi ismail zain hal 200tuhfatul muhtaj juz 1 hal 132tafsir marah labid juz 2 hal 153
ولو عين على كل غني قدرا فالذي يظهر أن هذا من قسم المباح، لأن التعيين ليس بسنة وقد تقرر في الأمر بالمباح أنه إنما يجب امتثاله ظاهرا فقط(إنما يجب امتثاله ظاهرا الخ) قد ينظر في إطلاق ذلك ويتجه الوجوب باطنا أيضا إذا ظهرت المصلحة العامة في ذلك المعين وكان مما يحتمل عادة سم
الكتاب : حواشي الشرواني والعبادي 3/72المؤلف :عبد الحميد المكي الشرواني
وأما الصدقات فهي الأموال الواجبة على المسلمين نصاً كالزكاة، واجتهاداً كالأموال المفروضة على الأغنياء إذا خلا بيت المال، واحتاجت الدولة لتجهيز الجيش ونحوه من المصالح العامة.
الكتاب: الفِقْهُ الإسلاميُّ وأدلَّتُهُ 6/700
[تنبيه] يؤخذ من إطباقهمهنا على نفي الأجرة شذوذ قول الماوردي والروياني يحل ما يؤخذ بصنعة محرمة كالتنجيم، لأنه عن طيب نفس ويرد ما عللا به أن كسب الزانية كذلك، والخبر الصحيح أن كسب الكاهن خبيث وأن بذل المال في مقابلة ذلك سفه فأكله من أكل أموال الناس بالباطل ومن ثم شنع الأئمة في الرد عليهما
الكتاب : تحفة المحتاج بشرح المنهاج 1/132
(مسألة : ك) : عين السلطان على بعض الرعية شيئاً كل سنة من نحو دراهم يصرفها في المصالح إن أدّوه عن طيب نفس لا خوفاً وحياء من السلطان أو غيره جاز أخذه ، وإلا فهو من أكل أموال الناس بالباطل ، لا يحل له التصرف فيه بوجه من الوجوه ، وإرادة صرفه في المصالح لا تصيره حلالاً.
Komentar
Posting Komentar
Terima Kasih Atas Kunjungannya,,,,,,,,,,,,,,